10 Kuliner Khas Aceh, Dari Mi Aceh Sampai Sie Kameng Halaman All

10 Kuliner Khas Aceh, Dari Mi Aceh Sampai Sie Kameng Halaman All

Makanan Khas aceh

Masakan ini wajib dimakan, karena pergi ke Aceh tanpa makan Kuah Pliek ‘U, sama seperti belum pergi ke Aceh. Masakan ini sangat mudah diraih, 90% rumah makan pada Aceh pasti menyediakan Kuah Pliek ‘U.

Selama perang Aceh melawan Belanda di hutan belantara, jenis masakan ini sangat terbeken karena sangat mudah dibawa dan dimasak. Kuah Pliek ‘U adalah makan aceh yang sangat populer oleh campuran berbagai rasa lalu kaya akan vitamin dan zat-zat yang bisa menambahkan gairah dan kekebalan tubuh.

Sie reuboh merupakan makanan yang dibuat dari daging sapi yang direbus lalu dimasak dengan berbagai bumbu khas Aceh. Daging sapi pada sie reuboh ini biasanya ditambahkan cuka biar terasa semakin empuk. Jika dilihat dari namanya, mungkin Anda akan mengira kalau makanan khas Aceh 1 ini terbuat dari tepung kanji.

Akan tetapi bubur kanji rumba justru terbuat dari tumbukan beras yang kemudian direbus dan dicampur dengan bumbu rahasia penduduk Aceh. Dilihat dari motifnya saja sudah bisa terbayang bagaimana lezatnya kue khas Aceh ini. Mulai dari bentuk bunga, binatang, ikan dan lain-lain kue tradisional ini memiliki cita dulk? manis dan gurih.

Bu Sie Itek adalah salah satu makanan khas Aceh yang sangat popular di Aceh, makanan ini merupakan makanan yang diterapkan dengan menggunakan bahan basis bebek. Selain memiliki rasanya yang unik dan sungguh-sungguh enak, gulai kambing khas Aceh ini juga punya keistimewaan dari segi dagingnya yang sangat empuk. Biar namanya mirip dengan makanan gulai kambing yang sering bisa ditemukan di wilayah Jawa akan tetapi makanan ini memiliki kelebihan dri segi bumbu yang dimilikinya.

Di daerah asalnya, memek kerap disajikan sebagai hidangan buka puasa saat bulan Ramadhan tiba. Cita rasa dalam manis dan gurih, serta teksturnya yang lembut menyajikan kuliner ini cocok menjadi hidangan untuk berbuka puasa. Uniknya makanan ini wajib disajikan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha untuk sajian tamu yang datang ke rumah. Kue Timphan dicipta dengan bahan dasar seperti tepung ketan, yang dicampur dengan srikaya dan pisang beranang.

Dengan bumbu khas Aceh seperti capli kleng, u neu lheu, kayu mameh dan bumbu-bumbu yang lainnya, aroma masakan ini tercium amat khas. Konon di kalangan jamaah Aceh ada suatu bumbu yang membuat daging kambing dari masakan ini jadi empuk dan tidak berbau. Ungkot Kemamah merupakan masakan khas Aceh lainnya dengan cita rasanya yang sungguh-sungguh menantang. Mie Aceh, 1 jenis kuliner yang menggoda dari Aceh, dapat dicicipi dengan dua cara, seperti di goreng atau direbus alias menggunakan kuah.

Untuk rasa bisa memilih sendiri, apakah ingin pedas ataupun tidak. Sebagai variasi bisa meggunakan kepiting, daging atau seafood. Nasi Gurih ialah olahan nasi yang mirip dengan nasi uduk dan nasi liwet.

Nasi gurih dimasakn dengan santan kelapa dan rempah khas aceh. Nasi ini biasa disantap bersama lauk seperti telur dadar, ikan, dan sambal.

Selain bumbu, turut diberi santan yang menyajikan kari kambing menjadi bertambah gurih. Untuk masakan normal, buah labu jarang dilibatkan, tapi untuk masakan tuk umum, labu dianggap bernilai agar lebih banyak. Kemamah merupakan masakan khas Aceh lainnya dengan cita rasanya yang sangat menantang. Persis seperti bentuknya, ikan kemamah terbuat dari ikan rondalla yang telah direbus serta dikeringkan yang kemudian diiris-iris. Ikan kemamah dapat dimasak dengan menggunakan berbagai bahan masakan, seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau lalu bahan rempahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *