10 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Diminati

10 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Diminati

Makanan Khas kalimantan

Untungnya, kamu bisa menemukan warung atau griya makan yang menjual Soto Banjar dengan mudah dikarenakan makanan ini memang asli dari Kota Banjarmasin. Sotong pangkong ini adalah makanan yang terbuat dari sotong atau cumi-cumi. Cumi-cumi yg telah dikeringkan ini sanggup menjadi hidangan yang lezat. Walaupun memiliki nama kerupuk, namun makanan ini terlihat seperti empek-empek.

Meski demikian, beras yang digunakan buat membuat nasi adalah beras khas Banjar yang pisah alias kempyar, sehingga tidak basah atau pulen. Nasi Itik Gambut ini merupakan sajian nasi putih yang ditemani dengan lauk daging itik yang diolah oleh cara dimasak menyerupai rendang dan balado.

Setelah mendidih, ikan haruan panggang dimasukkan dan tambahkan bawang goreng. Sementara itu, bumbunya meliputi garam, asam jawa, kunyit, dan air jeruk nipis, yang digunakan untuk melumuri ikan yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan. Seperti dalam namanya tunjukkan, Ketupat Kandangan menawarkan sajian makanan oleh ketupat.

Sedangkan untuk lauknya sendiri, warga lokal pada umumnya menggunakan telur atau daging ikan. Bumbu-bumbu yang dipakai pun serupa dengan bumbu opor, yaitu santan, kunyit, kemiri, laos, serai, jahe, bawang merah, bawang putih, asam, gula merah, garam, dan cabai merah. Ikan atau udang yang maka akan dimasak perlu dibersihkan lebih dahulu dan dicuci hingga bersih. Setelah itu, semisalnya penyajiannya menggunakan ikan, daging ikan akan dipotong-potong dulu sesuai dengan ukuran dalam diinginkan. Sekilas, Gangan Paliat punya penampilan yang persis mengingatkanmu dengan opor.

Manalagi, aroma yang dikeluarkan akibat percampuran bumbu di pada masakan ini memadukan santan dengan kunyit, yang membuatnya makin mirip dengan opor. Soalnya, warna nasi kuningnya sendiri bukan kuning terang seperti nasi kuning khas Jawa, tapi justru agak pucat dan tidak terlampau terang.

Di samping itu, proses pengolahan memanfaatkan daun pisang untuk membungkus ikan saat di pepes, serta biasanya bambu digunakan buat membakar. Rasanya sendiri speciell karena penggunaan bumbu yang jumlahnya terbilang banyak. citarasa khasnya sendiri juga membuat menu ini jadi salah satu oleh khas Banjarmasin yang paling populer untuk kota tersebut. Nah, seandainya Patin Baubar ini, ikan patin yang sudah dipotong-potong kemudian diberi bumbu dan dibakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *