3 Resep Masakan Khas Sulawesi Selatan Enak Lalu Sederhana Ala Rumahan

3 Resep Masakan Khas Sulawesi Selatan Enak Lalu Sederhana Ala Rumahan

Makanan Khas sulawesi

Untuk bahan pembuatannya cukup sederhana, dengan bahannya berupa labu kuning, beras, singkong, kangkung, jagung, daun gedi, bayam dan kemangi. Anda semua tahu bahwa ikan cangkalang memiliki rasa dalam gurih, serta memiliki kandungan yang bagus buat nutrisi tubuh. Rica roa merupakan sambal khas Manado berbahan dasar rica dan roa.

Kue terkait sangat cocok disajikan di dalam berbagai suasana, untuk sajian saat hari raya lebaran. Kue ini terbuat dri bahan kentang yang dikukus kemudian dihaluskan.

Jajanan kering ini terbuat dari tepung terigu dan wijen, motifnya mirip dengan onde – onde tapi berukuran bertambah kecil. Kacipo’ lebih kerap dengan sebutan kue keciput di kawasan lain. Sawalla adalah salah satu kue khas dari daerah Enrekang, provinsi Sulawesi Selatan. Deppa Tetekang merupakan kue dalam berasal dari bahan pokok tepung beras ketan melalui dicampuri biji wijen. Kue Biji Nangka karena motifnya kue ini memang contohnya biji nangka.

Rasanya yg manis segar sangat pas dihidangkan saat siang hari dan terik. Uhu-uhu sering juga diartikan dengan bannang-bannang karena bentuknya yang menyerupai benang, atau Uhu yg juga bisa diartikan melalui rambut. Kue ini pasti terlihat seperti kumpulan benang atau rambut yang digulung. Cara pembuatannya cukup biasa dan dengan bahan yang mudah. Jagung Marning adalah sebuah cemilan khas kota Bulukumba yang cukup populer.

Untuk rica sendiri berupa cabe, sedangkan ria adalah jenis ikan yang banyak dijumpai di perairan Sulawesi ataupun Indonesia bagian timur. Bahan utama yang dimanfaatkan untuk membuat jajanan khas Manado tersebut yaitu berupa apa kacang kenari kupas, gula merah dan avidez pasir. Aroma dari ikan cakalangnya dijamin akan menggugah selera makanmu. Potongan daging ikannya terasa gurih, serta mienya kenyal begitu sempurna saat di lidah. Malah, dulu Sinonggi hanya dicampur dengan ikan air laut yang dimasak bening, tidak menggunakan bawang merah dan bawang putih.

Kue di sini. terbuat dari olahan tepung ketan hitam dengan campuran kelapa parut, gula merah, dan garam. Jika lapar menyerang, kue ini dapat disantap sebagai alternatif sembari ditemani secangkir kopi hangat.

Kue baruasa ini termasuk kedalam jajaran kue kering yang merupakan ciri khas dari daerah Bugis, Makassar. Masyarakat Bugis biasa menyantap kue baruasa ini saat acara perayaan hari keagamaan atau saat menyelenggarakan pesta pernikahan. Proses pembakaran pisang dilakukan dua tahap oleh tujuan agar pisang terasa sedikit renyah saat diperoleh. Setelah proses pembakaran sudah, pisang diletakkan tadinya piring saji dan diguyur oleh lelehan gula merah beraroma durian atau nangka. Pisang Ijo biasanya disajikan melalui tambahan sirup berwarna merah dan bubur sumsum yg sangat lembut.

Cemilan ini terbuat untuk olahan jagung ditambah melalui bumbu penyedap yang lalu di goreng hingga kriuk. Cemilan ini sudah membudaya sehingga bukan hanya dapat ditemukan di daerah di sini., namun dapat pula di temukan di daerah sekitarnya karena sudah tersebar dibeberapa daerah. Kue manis yang 1 ini biasa terlihat ketika momen pernikahan suku Bugis. Bahan utaman untuk membuat sikaporo adalah telur, santan dan gula. Ditemui di Jakarta (4/3) Chef Sophistication Natalia Titaheluw menceritakan beberapa kue tradisonal dari Sulawesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *