5 Makanan Khas Sulawesi Tengah

5 Makanan Khas Sulawesi Tengah

Makanan Khas sulawesi

Barobbo, jenis makanan yang berupa bubur oleh kombinasi bahan jagung, beras, sayur, santan, kemudian diaduk menjadi bubur. Dangkot disajikan dengan daging bebek / sapi yang dibumbui sedemikian rupa, sehingga rasanya sungguh-sungguh gurih. Pemilihan bebeknya pun tidak bisa sembarangan, hal ini karena harus memilih yang tena muda supaya dagingnya empuk.

Konon katanya makanan tradisional ini merupakan hasil peninggalan dari jaman Spanyol dan Portugis dulu. Dibungkus dengan memakai daun pisang kemudian dibakar di atas bara api sampai matang. Untuk membuat rasanya lebih gurih, gogoso juga menggunakan santan, garam, dan juga daun salam untuk menambah aromanya agar terasa lebih nikmat. Bagi Anda yang berkunjung ke Makassar, gogoso banyak dijumpai di sepanjang Pantai Losari. Bagi Anda yang gemar dengan makanan praktis bahkan bisa dibawa sebagai bekal, gogoso bisa jadi makanan favorit Anda.

Jajanan ini sangat cocok disantap oleh kamu yang memang menyukai makanan manis. Bahkan, adalagi perbedaan Antara Pallubasa dan coto, yaitu teknik memakannya. Jika Pallubasa dimakan dengan menggunkan nasi, jadi coto dimakan dengan memakai burasa atau ketupat. Untuk memberikan cita rasa dalam khas, maka diberikanlah bumbu dari rempah-rempah khas Dalam negri. Di mana bumbu di sini. diracik secara khusus, sehingga memberikan rasa yang lezat dan menggugah selera.

Makanan satu ini terbeken super pedas, karena terbuat dari rempah pilihan. Dalam antaranya seperti merica, cabai rawit, lengkuas, dan sebagainya. Makanan ini akan disajikan dengan sup kuah yg terkenal dengan rasa asam pedas, plus daging dri kaki sapinya yang empuk banget.

Makanan khas Sulawesi ini merupakan makanan yang mirip dengan lontong. Isinya kadang ditambah melalui jeroan sapi yang gurih seperti babat, jantung, maupun hati sapi. Untuk menyantapnya biasanya disajikan ketupat / burasa yang mirip oleh lontong dengan bentuknya yg pipih dan tambahan santan yang gurih. Sama seperti barongko, dahulu kala lepat ketan biasa disajikan untuk para raja Bugis dalam acara adat. Sekarang jajanan tradisional yang 1 ini bisa kamu temukan melalui mudah di penjaja kue-kue basah di Makassar.

Bahan-bahan untuk membuat makanan asli Sulawesi di sini. adalah beras ketan putih yang telah dicuci bersih, potongan daun pandan, garam, dan santan. Lalampa adalah olahan dari beras ketan dengan isian ikan cakalang yang dibungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk silinder lalu dibakar. Telah dikatakan di atas tentang burasa yaitu olahan yang terbuat dari beras dengan santan yang dibalut daun pisang.

Bisa juga disantap oleh nasi putih hangat / dengan makanan khas Sulawesi Selatan lainnya, seperti burasa misalnya. Sarabba merupakan minuman khas suku Bugis yg banyak tinggal di Makassar dengan bahan pembuatan meliputi jahe, gula aren, merica bubuk, kuning telur, lalu santan. Halua kenari dicipta dari kacang kenari dalam dihancurkan kasar kemudian dicampur dengan lelehan gula merah. Sebelum mengeras, campuran ini kemudian dibentuk menjadi panjang-panjang dan akhirnya jadilah halua kenari yang manis serta gurih dari kacangnya. Makanan khas Sulawesi ini isinya juga unik yaitu memanfaatkan ikan cakalang yang dibumbu panpis khas Sulawesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *