9 Makanan Khas Kalimantan Lezat Yang Sayang Dilewatkan Begitu Saja

9 Makanan Khas Kalimantan Lezat Yang Sayang Dilewatkan Begitu Saja

Makanan Khas kalimantan

Etnis Batak di Kalteng terdapat di wilayah perkotaan baik sebagai pegawai serta birokrat, maupun di pedalaman sebagai pekerja tambang lalu sawit. Etnis Madura ialah etnis terbesar kelima di Kalteng dengan jumlah forty two. 668 atau 1. 93% dari populasi Kalteng. Di Kalteng, orang Madura yg juga banyak berprofesi menjadi pedagang banyak mendiami daerah Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur.

Etnis terbesar keenam hingga kesepuluh yaitu Sunda (1, 29%), Bugis (0, 77%), Batak (0, 56%), Flores (0, 38%) dan Bali (0, 33%) serta suku-suku sebagainya dari berbagai daerah dalam Indonesia. Etnis Sunda, Flores dan Bali di Kalteng juga terdapat di wilayah-wilayah transmigrasi, namun jumlahnya bukan sebanyak etnis Jawa. Etnis Bugis di Kalteng sebagian besar merupakan kelompok Bugis Pagatan dari Kalimantan Selatan yang merantau ke Kalteng.

Kuliner tradisional yang satu ini terbuat dari humbut yg merupakan rebung atau tunas pohon kelapa. Selain terkenal dengan ketupat kandangannya, Banjarmasin juga memiliki makanan dalam berbahan seperti ketupat, adalah lontong orari. Sebetulnya kue ini berasal dari kota Barabai di Kalimantan Selatan, namun juga sangat terbeken di Banjarmasin.

Di samping untuk tempat perlengkapan masak serta kegiatannya, ruang padu di sini. juga digunakan untuk mengsave bahan makanan. Perlengkapan umum yang terdapat di dalamnya adalah dapur, rak dapur, pambanyuan, lemari, tajau, lampit dan ayunan anak.

Setelah konflik etnis tahun 2001, sebagian warga Madura sudah berangsur-angsur kembali ke Kalteng. Banyak yg belum diketahui, dengan gaya wilayah pantai, gunung/bukit, dataran rendah dan paya, segala macam vegetasi tropis mendominasi alam daerah ini. Menjadi salah satu peninggalan dari kesultanan Buton, rumah adat Kamali atau Malige di sini. yang begitu dikenal seperti Rumah Adat Sulawesi Tenggara.

Ikan seluang ini merupakan jenis ikan kecil dan mungil, sehingga sangat cocok jika digoreng kering yang membuat teksturnya menjadi renyah saat digigit. Mumpung kamu sedang berkunjung ke Banjarmasin, pastikan seandainya kamu menggunakan kesempatan ini untuk menikmati kuliner khas Banjarmasin sepuas-puasnya. Untuk bumbunya sendiri, bumbu sate ayam dari sambal kacang ataupun sambal kecap jadi pilihan yang populer.

Di Malige sendiri memiliki juga banyak simbol-simbol lalu hiasan yang banyak dipengaruhi oleh adanya konsep lalu ajaran tasawuf. Simbol serta juga hiasan tersebut yaitu melambangkan nilai-nilai budaya, kearifan lokal dan juga cerita dari peradaban kesultanan Buton di masa lampau. Motif arsitektur dan pembagian ruang rumah tradisional Bubungan Banyak mempunyai kesamaan prinsip antara satu dengan lainnya, oleh perbedaan-perbedaan kecil yang gak berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *