Enak Dan Unik, 5 Makanan Khas Kalimantan Ini Tiada Duanya

Enak Dan Unik, 5 Makanan Khas Kalimantan Ini Tiada Duanya

Makanan Khas kalimantan

Ikan haruan jadi dijemur setengah kering, lalu dimasak dengan bumbu khas dan tambahan kacang panjang, labu kuning, serta pucuk labu. Teksturnya sedikit kenyal dan disajikan dengan avidez merah cair yang menyebabkan rasanya sangat manis saat disantap.

Lantai pertama lalu kedua digunakan tempat tinggal oleh raja dan permaisuri, lantai ketiga untuk penyimpanan benda pusaka, dan lantai keempat digunakan untuk semedi atau beribadah. Sedangkan pada bagian kiri dan kanan lantai kedua terdapat ruangan khusus yang dipergunakan buat menenun pakaian / kain tradisional yang disebut bone.

Sambal terkait merupakan sambal tradisional khas Banjarmasin yang terbuat dari campuran mangga asam, terong asam, limau wangkang, gandaria, dan binjai. Eits, kalian tak perlu khawatir, dikarenakan meskipun makanan khas Banjarmasin ini punya nama Sate Tulang. Pada dasarnya, makanan ini super sederhana, ialah hanya terdiri atas nasi dan lauk yang dibumbui dengan bumbu habang atau bumbu kari. Salah satu kuliner Banjarmasin yang terbuat dari ikan adalah Iwak Karing Sapat, yang paling pas dinikmati sebagai lauk untuk menikmati sepiring nasi putih hangat dan sambal segar. Nasi Kuning Banjar disajikan dengan lauk bumbu merah atau bumbu habang, yang sekilas membuatnya nyaris serupa dengan Nasi Bali.

Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras, gula merah atau putih, dan tape singkong. Sehingga rasanya manis dan cocok dijadikan pengganjal perut di pagi hari. Kuliner khas Banjarmasin ini terbuat dari bahan utama tepung beras dan gandum. Ada model sambal yang terkenal serta berasal dari Banjarmasin, adalah sambal acan.

Lebih lagi, kuliner khas daerah tidak merupakan cuma soal urusan mengenyangkan perut dan memanjakan lidah, tapi juga sangat berkaitan erat dengan budaya yang dimiliki wilayah tersebut. Tidak sedikit sekali menu kuliner pada kalimantan barat, mulai dri yang murah hingga dalam mahal. Gambus yang dipakai dalam Tingkilan menggunakan kayu nangka sebagai badannya.

Namun ternyata di Banjarmasin juga terdapat kue klepon, dan yang terkenal bernama kue klepon Martapura. Berikutnya merupakan kuliner yang berbahan dasar ikan, yaitu ikan patin gangan asam. Kuliner ini memiliki kuah yg kental dan berlemak, dalam dipadukan dengan beragam sayur seperti timun, kacang panjang, cabai hijau, dan kol.

Dari sini dapat dilihat bahwa rumah tradisional Bubungan Tinggi tersebut mempunyai keterikatan dengan nilai tradisional masyarakatnya. Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Banjarmasin yang wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke sana, baugs untuk berlibur atau untuk acara lainnya bersama family maupun teman. Tentunya kalian tidak asing lagi oleh makanan yang bernama otak-otak. Umumnya otak-otak ini terbuat dari ikan tenggiri, tetapi berbeda dengan otak-otak khas Banjarmasin yang terbuat dari ikan belida atau ikan pipih.

Badan gambus bercat coklat, sedangkan dawainya dari bahan nilon. Dawai dalam gambus bervariasi, mulai dari berdawai empat hingga duabelas.

Dalam proses pembuatannya, ikan patin yang sudah dipotong-potong akan dimasak dengan trik dipepes terlebih dahulu menggunakan bumbu khusus. Kalau mendiskusi soal kuliner khas Banjarmasin, pilihan makanan yang bisa kamu cicipi di sini sebenarnya nyaris serupa melalui kuliner khas Pontianak.

Dinamakan klepeon Martapura, karena memang kue khas Banjar yang satu ini berasal dari daerah Martapura. Kelepon merupakan salah 1 kue tradisional yang sungguh-sungguh terkenal di daerah Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *