Inilah Makanan Khas Aceh Paling Recommended Di Jakarta

Inilah Makanan Khas Aceh Paling Recommended Di Jakarta

Makanan Khas aceh

Berbagai ragam kuliner Aceh dipastikan maka akan membuat Anda ketagihan. Rujak Aceh Samalanga dapat ditemukan di berbagai pelosok desa di Aceh.

Bahan dalam digunakan terdiri dari mangga, papaya, bengkuang, kedondong, nanas, timun, dan jambu air flow. Namun, penggunaan rumbia dalam Rujak Aceh Samalanga menjadikan rujak khas Aceh ini sangat khas. Bumbu-bumu yang digunakan terdiri dari garam, cabai rawit, asam jawa, gula aren/ merah yang cari, pisang monyet, kacang tanah, dan rumbia.

Rujak khas Aceh ini sangat khas dengan cita rasanya yg manis, asam, dan pedas. Rujak Aceh Samalanga nyaris mirip dengan rujak buah pada umumnya.

Pisang Sale merupakan makanan khas Aceh yang berbahan basis pisang. Makanan ringan ini terbuat dari pisang dalam dibaluri dengan gula tebu dan diasapkan. Jajanan di sini. sangat digemari karena referencia rasanya yang manis dan khas. Kembang Loyang di sini. adalah jajanan khas Aceh yang bentuknya menyerupai bunga atau kembang.

Yang membuat unik untuk sate ini adalah penambahan kuah soto yang berisi irisan kentang dan daging. Daging yang digunakan untuk membuat sate adalah daging sapi atau kambing.

Makanan khas dari Aceh bukan sebatas masakan dengan bumbu rempah saja tetapi pun ada kue-kue. Salah satunya adalah Meuseukat yaitu kudapan sejenis dodol yang memakai nanas dan juga tepung terigu. Jika masak merah menggunakan banyak cabai, masak putih menggunakan bumbu yg bahannya seperti opor Jawa sehingga tidak pedas. Orang Aceh menyebut masakan dengan kuah putih yaitu masak kurma.

Kue di sini. berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan wijen. Bentuk kembang didapat untuk penggunaan cetakan kue sewaktu proses penggorenga. Rasanya manis dan gurih serta normal disajikan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri dalam Aceh.

Keukarah atau Kue Karah termasuk jajanan yg populer di kalangan masyarakat Aceh. Kue ini terbuat dari tepung beras lalu dibentuk menyerupai bongkahan bihun kering. Jajanan yang bercita rasa manis dan renyah ini awalnya berkembang di daerah pesisir barat Aceh. Keukarah sering disajikan di acara adat dan tradisional, terutama di Aceh Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *