Tren Donasi Online Di Masa Pandemi

Donasi Online

Dengan terbatasnya pergerakan akibat social distancing, banyak organisasi amal kesulitan dalam melakukan kegiatan penggalangan dana dan mengumpulkan donasi. Seiring perkembangan zaman, kegiatan donasi saat ini tidak lagi seperti zaman dahulu dimana orang menggalang dana di jalan-jalan raya atau dari rumah ke rumah. Dengan adanya teknologi, transaksi pembayaran donasi juga semakin mudah untuk dilakukan.

Nah, dengan aplikasi digital ini kamu juga bisa berdonasi dan menggalang dana secara online untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan di berbagai bidang lho. Tentunya saat ini Anda dapat melakukan donasi secara online karena lebih praktis, lebih aman, nyaman, dan bisa dilakukan dimana saja seperti halnya berdonasi melalui Donasi Online Resmi Dan Terpercaya. Lewat donasi digital ini masyarakat Indonesia diajak memanfaatkan donasi digital yang lebih aman, mudah, dan transparan.

Penggalangan donasi berbasis online dengan sistem crowdfunding diperkirakan mampu menarik perhatian masyarakat karena cangkupannya yang luas dan dinilai lebih mudah digunakan untuk menggalang dana. Berbuat kebaikan seperti halnya membantu sesama, sekarang semakin mudah dengan adanya Donasi Online. Bila awalnya masyarakat berdonasi dalam suasana formal , kini berdonasi tidak perlu ribet ataupun repot dengan uang tunai.

Beberapa platform dompet digital mengalami peningkatan transaksi untuk layanan donasi online dalam penyaluran zakat maupun donasi online selama COVID-19 ini. Gerakan donasi ini bertujuan untuk menggalang dana dan membantu masyarakat yang terkena dampak dari COVID-19. Mulai dari pekerja harian, petugas medis hingga masyarakat ekonomi menengah bawah. Bantuan yang bisa diberikan adalah dengan cara melakukan donasi yang nantinya akan digunakan untuk membeli keperluan para tenaga medis mulai dari APD , masker, hand sanitizer dan keperluan lainnya.

Adapun situs donasi bantuan virus corona dari Palang Merah Indonesia , dimana Palang Merah Indonesia sebagai organisasi yang memiliki tujuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan dalam keadaan darurat, memberikan pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat yang membutuhkan bantuan anda untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Siapapun dapat berpartisipasi dalam segala kegiatan PMI dengan berdonasi melalui donasi online ini.

Masyarakat Indonesia kian terbiasa berdonasi baik sedekah maupun zakat secara digital, sejak berkembangnya e-commerce dan teknologi finansial . Namun, maraknya kegiatan donasi online menjadi celah bagi mereka yang memanfaatkan kebaikan orang lain untuk kepentingan pribadi. Misalnya, minta sumbangan untuk membayar hutang cicilan dari pinjaman online. Penipuan berkedok donasi yang dilakukan secara online bisa juga terjadi. Sebab kalau dibiarkan, lama-kelamaan orang yang minta bantuan dana semakin tidak jelas tujuannya . Jika merasa ada yang ganjil dalam prosedur donasi online, namun sudah terlanjur mentransfer sejumlah dana, maka segera laporkan hal tersebut ke bank Anda.

Jika dulu donasi online adalah sesuatu yang dihindari karena dianggap kurang aman ditambah dengan adanya kasus yang beredar terkait penyalahgunaan uang donasi untuk kebutuhan pribadi, Jadi pahami terlebih dahulu tentang latar belakang lembaga atau organisasi yang akan menggalang dana sebelum Anda melakukan donasi. Pastikan juga organisasi tempat kamu ikut berdonasi adalah yang terpercaya. Hal ini dilakukan karena saat ini lembaga donasi online di Indonesia sudah menjamur, yang membuat donatur awam bingung untuk memilihnya. Dengan begitu Anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan donasi pun sampai kepada orang-orang yang membutuhkan.

Donasi online memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sibuk dalam kegiatan sehari-hari untuk membantu sesama agar budaya filantropi digital dapat terus berkembang dan menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *